
BAN-S/M akan menerapkan pendekatan baru dalam penilaian akreditasi Sekolah/Madrasah dari compliance menuju performance atau dari rules to principles. Pergeseran paradigma dalam pelaksanaan akreditasi ini mutlak diperlukan sebagai bagian penting dari upaya BAN S/M sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan untuk ikut ambil bagian dalam mendorong continous improvement, yaitu perubahan akreditasi Sekolah/Madrasah ke arah yang lebih baik yang difokuskan pada penilaian Sekolah/Madrasah pada pemenuhan mutu yang lebih substantif.
![]() |
instrumen akreditasi sekolah tahun 2020 |
Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020). Dengan adanya pergeseran paradigma dalam penilaian akreditasi Sekolah/Madrasah dari compliance ke performance (rules to principles), diharapkan dapat menjadi perkembangan bagi BAN-S/M dan pihak-pihak yang terlibat terutama tim ad hoc dalam pengembangan Instrumen Akreditasi
Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020) diharapkan dapat memberikan gambaran secara komprehensif baik yang terkait dengan landasan filosifis, sosiologis, maupun yuridis, serta kerangka pikir penyusunan Instrumen Akreditasi tentang arah pengembangan Instrumen Akreditasi yang sudah disusun oleh BAN-S/M. Dengan demikian, Hal ini pada akhirnya mampu memberikan pemahaman kepada penyusun (BAN-S/M dan Tim Ad hoc) tentang kerangka kerja (framework) penyusunan perangkat akreditasi, dan memberikan batasan kepada penyusun agar tidak keluar dari kerangka kerja (framework) yang telah ditetapkan.
Download Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP 2020) Semua Jenjang
- Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 Jenjang SD/MI (DOWNLOAD)
- Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 Jenjang SMP/MTs (DOWNLOAD)
- Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 Jenjang SMA/MA (DOWNLOAD)
- Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 Jenjang SMK/MAK (DOWNLOAD)
- Intrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 Jenjang SLB/MLB (DOWNLOAD)